Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet yang Harus Kalian Ketahui!

Halo teman teman semua! Balik lagi nihh sama aku hehee… Okee pada artikel kali ini aku bakalan kasih tau cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet dan tidak mudah busuk. Kira kira apa aja yaa cara nyaa?

Eitss sebelum itu, yukk kita simak penjelasan tentang sayuran di bawah ini!!

Sayuran

Sayuran adalah berbagai jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik di ambil dari bagian akar, batang, daun, biji, dan bunga. Atau bisa juga dari bagian lain yang dapat digunakan untuk di olah menjadi menu makanan.

Sayuran merupakan salah satu sebutan yang sudah cukup umum bagi bahan pangan berasal dari tumbuhan yang di dalamnya biasa nya mengandung kadar air yang tinggi dan dapat dikonsumsi dalam keadaan segar atau dapat juga dikonsumsi setelah diolah secara minimal menjadi masakan.

Fungsi Sayuran

Di dalam sayuran yaitu memiliki kandungan gizi yang dapat berfungsi mengatur metabolisme atau proses kerja dalam tubuh kita. Zat yang mengatur metabolisme ini terdiri dari air, vitaminm dan juga mineral.

Jenis zat gizi banyak terdapat pada makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah buahan.

Pada umum nyaa kandungan di dalam sayur sayuran itu banyak mengandung zat tepung, dan juga karbohidrat. Terutama pada sayuran yang berasal dari akar pada tumbuhan.

Sayuran yang berwarna hijau biasa nya mengandung kadar gula yang lebih sediki daripada jenis sayuran yang berbentuk buah. Kemudian untuk sayuran yang berupa daun lebih banyak mengandung vitamin, air dan juga mineral.

Yukk kita pelajari tentang ruang lingkup tanaman sayuran yang pengelmpokan nya di bagi berdasarkan bagian yang dipanen ataupun yang dikonsumsi, yaitu :

  1. Sayuran buah. Contohnya adalah cabe, terong, tomat, timun, dll.
  2. Sayuran daun. Contohnya adalah sawi, bayam, kangkung, dll.
  3. Sayuran tunas atau batang. Contohnya adalah asparagus dan rebung bambu.
  4. Sayuran umbi. Contohnya adalah lobak, bit, kentang, wortel, dll.
  5. Sayuran bunga. Contohnya adalah kol bunga, brocoli, dll.
  6. Sayuran polong. Contohnya adalah kacang panjang, buncis, kapri, dll.

Selain berdasarkan sayuran yang dipanen, ada juga loh tanaman sayuran yang dikelompokkan berdasarkan ketinggian tempat untuk bertumbuh sayuran tersebut, yaitu :

  1. Sayuran dataran tinggi. Contohnya adalah lobak, kubis atau kol, wortel, kentang, brocoli, dll.
  2. Sayuran dataran rendah. Contohnya adalah oyong, bawang merah, dll.
  3. Sayuran dataran tinggi dan dataran rendah. Contohnya adalah terong, kangkung, cabai, dan bayam.

Oiyaaa… Diantara kalin ada ga sih yang suka mengkonsumsi sayuran pada kondisi yang masih mentah dengan kata lain belum di makas menjadi menu makanan? Pasti ada yaa..

Lantas, sayuran apa saja sih yang aman dikonsumsi pada keadaan yang masih mentah? Yukk kita simak.

4 Jenis Sayuran yang Aman Dikonsumsi pada Kondisi Mentah Namun Kaya Nutrisi!

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan dari semua orang bukan? Namun sayangnya, keinginan tersebut tidaklah diimbangi dengan konsisten dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Bagaimana pola hidup sehat tersebut? Yaitu salah satu nya dengan mengonsumsi makanan yang sangat bergizi. Contohnya adalah sayur sayuran dan buah buahan.

Padahal jika kita rajin mengonsumsi sayuran, maka kita akan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut seperti melancarkan pencernaan, melindungi kesehatan pada ginjal, mencegah asam lambung dan bahkan bisa membuat kulit kita menjadi tampak lebih sehat.

Kita pasti sering mengonsumsi sayuran setelah sayurn tersebut di olah menjadi beberapa menu makan yang pasti nya sedap, apalagi jika ibu kita yang memasaknya.

Namun tahu kah kalian, jika ada beberapa macam sayuran yang dapat dikonsumsi pda saat masih dalam keadaan mentah?

Sayuran yang masih mentah ini biasanya disebut sebagai lalapan. Namun ada juga yang membuatnya sebagai salad sayur yang pastinya enak dan juga kaya akan nutrisi.

Nahh maka dari itu, yukk kita liat 8 macam sayuran yang aman dikonsumsi disaat masih mentah. Lets go…

1. Wortel

Jenis sayuran yang aman dikonsumsi pada saat mentah yang pertama adalah wortel. Yaa sayuran ini memang dikenal kaya akan berbagai vitamin. Yaitu seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B6, beta karoten dan bahkan mengandung karbohidrat.

Jika kalian rajin mengonsumsi sayuran ini, maka kalian akan mendapatkan beberapa manfaat nya. Seperti dapat mencrgah kanker, mencegah risiko terkena serangan jantung, dan pastinya kalian akan terjaga kesehatan matanya.

2. Kubis

Jenis sayuran yang aman dikonsumsi pada saat masih mentah yang kedua adalah kubis. Sayuran ini terkenal karena sifatnya yang dapat melawan penyakit kanker.

Hal ini tak lain karena sayuran kubis memiliki kandungan nutrisi di dalam nya yang berupa vitamin C dan juga vitamin K yang sangat baik bagi tubuh kita.

Maka tak heran jika kubis sudah dijadikan sebagai obat herbal sejak dahulu. Misalnya saja di Yunani, disana kubis dijadikan sebagai pencahar.

Sedangkan di Romawi, sayur ini biasanya dijadikan untuk menyembuhkan orang mabuk. Jika kalian ingin mendapatkan manfaat kubis secara maksimal, maka kalian bisa mengonsumsi kubis mentah bersamaan dengan perasan lemon, minyak zaitun, dan juga bawang putih.

3. Kale

Kale merupakan jenis sayuran yang sangat aman jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sayuran dengan warna hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, dan beta kolagen.

Kandungan tersebut dipercaya dapat mengurangi risiko kanker payudara dan juga dapat mengurangi risiko degenerasi macula terkait usia.

Untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalam kale secara utuh, kalian bisa mengonsumsi kale secara mentah sebagai campuran pada salad.

Campurkan kale tersebut dengan minyak zaitun dan aduk sedikit dengan menggunakan perasan lemon dan juga lada hitam, maka cita rasa pada sayuran ini akan bertambah nikmat.

4. Tomat

Biasanya tomat kerap digunakan untuk memasak atau bisa juga untuk membuat sambal. Tetapi tomat dapat dikonsumsi dalam keadaan yang masih mentah lohh!

Tomat juga biasa dikonsumsi sebagai jus, yaa karena tomat memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan.

Kandungan yang ada pada tomat antara lain adalah vitamin C, folat, kalium, dan beta kolagen. Maka tak heran jika kalian mengonsumsi tomat, maka kalian akan mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat tersebut seperti, meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan juga dapat membersihkan kulit wajah terhindar dari jerawat.

Yaudah yukk cari tau cara menyimpan sayuran yang baik dan benar agar sayuran yang kalian simpan dapat awet dan tahan lama :

Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama :

1. Pilihlah Sayuran Sebelum Disimpan

Cara menyimpan sayuran yang pertama adalah dengan memilih dulu sayuran yang akan kalian beli. Biasa nya sayuran yang kalian beli pasti terdapat bagian yang sudah menguning atau kering hingga berwarna kecoklatan.

Bahkan jika kalian membeli sayuran di supermarket atau mall sekaligus, pasti ada saja bagian yang sudah berubah warna atau tidak segar.

Maka dari itu jika kalian menemukan bagian yang seperti itu, segera untuk membuang nya agarkerusakannya tdak menjalar kebagian sayuran yang lain. Dan satu lagi, jangan lupa untuk membuang bagian akar dari sayuran tersebut,

2. Cuci Sekaligus Keringkan Sayuran Sebelum Disimpan

Setelah kalian selesai membeli sayuran, segeralah untuk mencuci sayuran pada disetiap bagian dari sayuran tersebut.

Gunakan air mengalir dan juga sabun anti bakteri untuk mencuci sayuran yang kalian beli agar sayuran tersebut terhidar dari seluruh bakteri dan juga kotoran yang menempel pada permukaan sayuran akan terlepas.

Bakteri dan kotoran pada sayuran merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat proses pembusukan.

Jika kalian sudah mencuci sayuran yang akan disimpan, jangan lupa untuk mengkeringkan terlebih dahulu.

3. Bungkus Menggunakan Kertas atau Plastik

Janganlah kalian menyimpan sayuran dengan menggunakan wadah yang tertutup rapat. Karena jika kalian menyimpannya menggunakan wadah yang tertutup rapat, maka sayuran yang disimpan di dalam nya tidak dapat bernafas karena sayuran tetap membutuhkan oksigen untuk bertahan.

Maka dari itu sebaiknya gunakan lah kaertas atau plastik berlubang untuk menyimpan sayuran tersebut. Tetapi kalian juga bisa menyimpan nya menggunakan plastik vacuum dan memvacuum nya agar menjadi kedap udara.

Kalian bisa menggunakan alat yang bernama vacuum sealer untuk memvacuum plastik tersebut dan membuatnya menjadi kedap udara.

4. Pisahkan Sayuran dan Buah-buahan

Kalian sangat diwajibka unuk menyimpan sayuran dipisah dengan buah buahan. hal ini dikarenakan buah buahan memiliki zat etilen yang dapat mempercepat kematangan pada makanan segar dan membuatnya lebih cepat membusuk.

Maka kalian bisa menyimpan sayuran pada rak yang khusus untuk menyimpan sayuran. Dan pastikan rak tidak terdapat buah buahan dan juga bawang bawangan.

5. Simpanlah Sayuran Dalam Bentuk Utuh

Sangat dianjurkan untuk menyimpan sayuran dalam bentuk yng masih utuh. Mengapa demikian? Karena jika kalian memotongnya sebelum disimpan, maka sayuran tersebut akan menjadi lebih cepat kering dan akhirnya akan membusuk.

Dan juga kalian hanya perlu untuk memotong bagian pada akar nya saja.

6. Cek Suhu Di dalam Kulkas dengan Teratur

Jika kalian ingin menyimpan sayuran dengan cara yang benr, maka kalian bisa menyimpan nya di kulkas pada suhu sekitar 1 sampai 4 derajat celcius.

Karena jika kalian menyimpan nya pada suhu yang lebih tinggi, maka bakteri akan lebih mudah berkembang dan dapat membuat aroma serta cita rasa pada sayuran menjadi tidak sedap.

7. Periksa Kondisi dan Kualitas Kulkas Secara Berkala

Ketika kalian menyimpan sayuran di dalam kulkas, kalian tidak bisa membiarkan nya begitu saja selama berhari hari.

Sayuran sebaiknya disimpan tidaklebih dari tiga hari karena untuk tetap menjaga kesegaran nya.

Maka dari itu, kalian bisa mengecek nya setiap hari untuk memastikan sayuran terebut tidak membusuk.

Jika ada bagian dari sayuran yang mengering, segeralah untuk membuang bagian tersebut agar tidak mengontaminasi sayuran yang lain nya.

8. Tata Sayuran Sesuai dengan Jenisnya di Dalam Rak Sayur

Lemari es pada umum nya mempunyai 3 hingga 4 rak untuk menyimpan makanan, jadi pergunakanlah rak tersebut dengan sebaik baiknya untuk menyusun sayuran tersebut sesuai dengan jenis nya.

Kalian bisa menggunakan rak yang paling bawah untuk menyimpan sayuran yang mempunyai sayuran hijau, seperti sawi, kangkung, dan bayam.

Suhu pada rak bagian bawah cenderung memiliki suhu yang stabil hingga sangat aman untuk menyimpan sayuran yang lebih rentan busuk.

Kemudian untuk rak yang paling atas, kalian bisa gunakan untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air tinggi seperti cabai, mentimun, terong, dan paprika.

lalu pada rak bagian tengah bisa digunakan untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air yang rendah seperti wortel, buncis, kol, dan kacang panjang.

Tips yang satu ini dapat membantu kalian semua juga kalian ingin mengecek kondisi sayuran di kulkas pada nanti nya.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan, jika kalian ingin tau informasi tentang cara menyimpan sayuran yang lainnya, kalian bisa cek pada artikel yang sudah pernah saya buat sebelumnya yaitu Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yaaa…

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan kalin bisa menerapkan nya pada kehidupan sehari hari kalian.

Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutya.