Cara Membuat Ci Cong Fan Khas Medan Asli

Cara membuat ci cong fan – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Naso goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Bukan guys, jadi hari ini saya mau bikin semacam pie ya bukan nasi lagi. Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep cara membuat ci cong fan khas medan asli.

Kalian udah tahu belum apa itu ci cong fanย ? Agak asing sih di telinga kita ya kan, kalau begitu gimana kalau kita bahas dulu pengertian dan asal usul dari ci cong fan ?

Oke kalau begitu sebelum ke resep cara membuat ci cong fan khas medan asli, kita bahas dulu yuk tentang Apa itu ci cong fanย dan asal usul dariย ci cong fan.

Apa Itu Ci Cong Fan ?

Ci Cong Fan adalah makanan khas persegi yang berbentuk lembaran seperti kwetiaw. Jajanan ini terbuat dari tepung beras dan tang min. Biasanya disajikan dalam potongan dan diberi kecap atau saus asam manis. Jangan lupa taburkan bawang goreng yang banyak untuk menambah rasa.
Nah, enak! Masakan Maidan otentik bisa memiliki banyak rasa. Beberapa polos, dengan kata lain, polos, tidak berasa. Kemudian kipas ci cong ditemani isian daging sapi atau babi. Namun, saat ini masih banyak lagi yang bervegetarian versus vegan.
Untuk lebih jelasnya, silakan mengajukan pertanyaan kepada penjual. Anda bisa menikmati kipas Ci Cong sendirian dengan sedikit kuah yang kental. Namun masakan ini biasanya dibarengi dengan gorengan.
Salah satunya Owen, talas yang diserut, dibentuk bola, kemudian digoreng. Selain itu, ada juga chai thu koi, lobak kotak goreng. Bisa juga ditambahkan dengan pangsit dan lumpia. Pikirkan semua makanan lezat ini yang berkumpul di satu piring dengan tambahan rasa manis dan keasaman pada kaldu.
Lezat! Ci Cong Fan biasanya diisi dengan daging sapi atau babi (untuk non muslim). Namun, saat ini banyak penggemar Ci Cong yang dipenuhi dengan sayuran segar. Dengan bahan-bahan yang sehat dan kandungan yang sehat, Ci Cong Fan jelas menjadi pilihan jajanan bagi mereka yang suka ngemil.
Kipas Ci Cong biasanya mudah ditemukan di pusat jajanan di jalan-jalan atau dekat sekolah. Biasanya penjual menggunakan sepeda atau motor. Ci Cong Fan jarang ditemui di rumah makan karena jajanan ini memang street food khas Medan yang paling khas.

Asal Usul Ci Cong Fan

Ternyata setelah diselidiki, Ci Cong Fan berasal dari Cina bagian selatan, tepatnya Kanton (Kwangtung). Dalam bahasa Kanton disebut chee cheong fun (baca: ci chong fan). Disebut demikian karena biasanya disajikan dengan dibungkus sehingga menyerupai usus babi, kemudian dicelupkan ke dalam kuah.
Dalam bahasa Kanton: chi-chung berarti usus babi. Dalam bahasa Mandarin (pinyin), jajanan ini disebut zhu chang fen (baca: cu jhang fen). Tapi Ci Cong Fan sama sekali tidak mengandung babi, namanya hanya sebuah nama.
Ternyata Ci Cong Fan dibuat dengan tepung beras, tapioka dan air, lalu digulung menjadi adonan tipis. Dalam bentuk aslinya, Ci Cong Fan sering diisi dengan daging sapi atau udang, namun di Indonesia dimana Ci Cong Fan sering di sajikan oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan sepeda maka isian daging atau udangnya dibuang agar terjangkau dan mudah untuk disajikan.
Dan lebih tahan lama. Saat ini, Ci Cong Fan bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah Jakarta, karena dijual oleh pedagang kaki lima dengan sepeda rumah-ke-rumah serta di area perkantoran dan gudang. Jajanan ini sepertinya sangat populer di Jakarta, begitu pula mie ayam dan pangsit yang bermunculan di seluruh Indonesia.

Cara Membuat Ci Cong Fan Khas Medan Asliย 

Bahan Bahan Cara Membuat Ci Cong Fan

Adonan :
  • 60 gram tepung beras
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 15 gram tepung tapioka
  • 1 sendok teh kaldu royco
  • 10 gram tepung maizena
  • 1 sendok makan minyak bawang putih goreng
Isian :
  • Daun Bawang
  • Bubuk udang
  • 1 telur kocok lepas
Bahan Untuk Saos A :
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 2 sdm air panas
  • 1 sendok makan kecap asin
Bahan Untuk Saos B :
  • 3 sdm sambal delmonte (bisa merk lain)
  • Bubuk cabai
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Cuka
  • 10 sdm air panas
Topping :
  • Bawang goreng
  • Biji wijen panggang

Langkah Langkah Cara Membuat Ci Cong Fan

  1. Panaskan kukusan.
  2. Aduk rata semua bahan adonan menggunakan mixer roti atau blender serbaguna. Pastikan tidak ada rantai.
  3. Olesi wajan dengan minyak.
  4. Tuang adonan dan sebarkan. Ketebalannya sesuai selera. Lebih kurus lebih baik.
  5. Taburi dengan daun bawang. Bubuk udang. Dan 2 sendok makan telur kocok.
  6. Tutup dan tunggu hingga matang + – 2 menit
  7. Angkat dan gulung adonan yang sudah matang
  8. Ulangi proses tersebut hingga adonan habis.
  9. Setelah semua adonan jadi, buat saja kuahnya. Campur bahan saus A. Tambahkan bahan saus B secara terpisah.
  10. Kemudian tuangkan ke atas kipas ci cong yang sudah jadi
  11. Taburi bawang putih goreng dan wijen panggang.
  12. Ci cong fan siap disajikan, selamat mencoba yaa …

Cara Membuat Ci Cong Fan Khas Medan Asliย 

Nah itu dia guys resep cara membuat ci cong fan khas medan asli. Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya. Oh iya kalian bisa tambahin topping seperti sosis telur , kalian bisa menggunakan mesin sosis telur
Ci cong fan ini cocok banget buat cemilan atau dimakan sambil nonton film, dengerin musik, ngerjain tugas sekolah, pas lagi santai santai, atau bahkan saat makan bareng keluarga. Biasanya dipakai untuk hidangan penutup sih. Sekian tutorial masak dari saya, selamat mencoba ya guys ๐Ÿ˜€